Jalan Tetangga Emang Lebih Mulus

Saya heran setiap pembangunan sarana infrastruktur misalnya seperti jalan raya di setiap daerah tidak pernah merata, ambil contoh saja perbatasan antara Wonogiri dan Pacitan yang ada di daerah saya, yang sangat terlihat jelas perbedaanya bagaikan bumi dan langit.

Sebagai orang yang bukan dari golongan akademis saya pun mempunyai keterbatasan pengetahuan untuk hal ini, untungnya saya masih melek internet jadi untuk mencari tahu jawaban yang ada di benak saya, cukup searching di google.

Hasil jawaban pencarian urutan teratas meliputil APBD atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, kalau saya jelaskan di sini mungkin akan panjang kalimatnya, karena meliputi hasil pengelolaan daerah, pajak, retribusi, dan lain-lain. Yang bisa saya garis bawahi, “APBD bisa menjadi tolak ukur untuk kinerja pemerintah daerah masing-masing, apakah penyusunan dan realisasi APBD tersebut sudah sesuai dengan harapan masyarakat ”

Kalau melihat foto yang saya ambil di jalan altenatif menuju Pacitan mungkin anda bisa menilai bagaimana kinerja pemerintah daerah di dua provinsi tersebut.

pict

#foto ini saya ambil 5 kilometer dari perbatasan Wonogiri ke Pacitan

pict

#memasuki gerbang perbatasan Wonogiri, Pacitan nampak jelas perbedaanya

Kalau melihat kenyataan seperti foto di atas mungkin belum sesuai dengan harapan dan keinginan saya sebagai masyarakat, akhir kata tulisan ini bukan untuk menyudutkan suatu intasi pemerintahan tertentu, tetapi sebagai bentuk kepudulian saya terhadap bangsa ini.

13 thoughts on “Jalan Tetangga Emang Lebih Mulus

    1. Jogja kan daerah istimewa, kalau di Pacitan mungkin faktor kampung halaman Pak SBY jadi juga ikut istimewa, seperti yang terlihat jalan sedang ada sterilisasi lengkap dengan Sniper setiap posko karna Pak SBY lagi pulang kampung…

      1. Hmmm…harus jadi yg istimewa dulu biar diperhatikan…. kalau begitu pilih saja presiden dr kampung halaman sendiri2 mas broh he…

Tinggalkan Balasan

